Peralatan Peralatan Safety Untuk Panjat Tebing

Peralatan Panjat Tebing

Panjat tebing adalah salah satu jenis olahraga yang mendebarkan dan penuh tantangan. Karena alasan inilah, panjat tebing sangat digemari oleh banyak orang. Tetapi untuk memaksimalkannya, Anda membutuhkan peralatan keselamatan yang tepat saat melakukan aktivitas ini. Nah, berikut ini adalah beberapa peralatan kesalamatan yang harus Anda gunakan saat akan berolahraga panjat tebing.

1. Tali Karmantel

Tali karmantel adalah peralatan panjat tebing pertama yang wajib Anda miliki. Tidak seperti tali pada umumnya, tali karmantel dirancang dengan fitur khusus yang mampu meregang dan menopang beban tubuh ketika penggunanya terjatuh. Ada berbagai macam jenis tali karmantel yang bisa Anda temui di pasaran, yang biasanya tersedia dalam panjang, ketebalan, dan tingkat keregangan yang berbeda. Nah, untuk membeli tali yang tepat, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan aktivitas panjat tebing Anda. Kenali disini jenis-jenis tali karmantel.

2. Harness

Harness merupakan peralatan keselamatan panjat tebing yang biasanya diikatkan ke bagian pinggang dan kaki. Alat ini memungkinkan Anda untuk bergerak bebas sambil memberikan perlindungan keamanan yang maksimal. Jika suatu waktu Anda terjatuh, harness berfungsi untuk menahan tubuh Anda dan mendistribusikan dampak jatuh ke tali karmantel sehingga Anda tidak mengalami cedera atau patah pinggang.

3. Belay Device

Belay device adalah perangkat penambat yang berfungsi untuk menahan tali ketika Anda terjatuh. Belaydevice terdiri dari dua jenis, yaitu manual dan otomatis. device manual bekerja menghentikan tali dengan cara ditarik manual, sehingga tali akan terjepit dan menahan tubuh Anda. Sementara belay device otomatis akan langsung terkunci dengan sendirinya ketika Anda terjatuh dan tali terbebani oleh berat tubuh. Fungsi ini mirip seperti cara kerja sabuk pengaman pada mobil, yang akan langsung mengunci otomatis ketika terjadi hentakan mendadak. Lihat produk belay device disini.

4. Carabiner

Carabiner adalah peralatan keselamatan yang berfungsi sebagai alat penghubung, baik itu untuk menghubungkan tubuh Anda, tali karmantel, ataupun anchor. Sebagai alat penghubung yang sangat vital, carabiner biasanya dibuat dari material alumunium alloy yang bersifat ringan tetapi mampu menopang beban yang sangat berat, bahkan hingga ribuan pon. Namun ada juga carabiner yang dibuat dari material baja, dan jenis yang satu ini memiliki kekuatan untuk menopang beban sampai 10.000 pon.

5. Climbing Shoes

Meskipun Anda sangat mungkin untuk memanjat menggunakan sepatu kets, namun climbing shoes didesain dengan berbagai fitur khusus yang ditujukan untuk kegiatan panjat tebing, sehingga memakai sepatu ini merupakan pilihan yang paling ideal. Climbing shoes biasanya tidak nyaman untuk digunakan berjalan, berlari, atau hiking, tetapi dapat menawarkan traksi yang baik dan memudahkan Anda untuk berdiri di atas pijakan kecil saat melakukan kegiatan panjat tebing.

6. Crash Pad

Crash pad adalah peralatan keselamatan lainnya yang harus ada saat Anda berolahraga panjat tebing. Alat ini terbuat dari busa tebal yang berfungsi sebagai alas empuk dan penyerap dampak jatuh guna menopang tubuh Anda dengan aman ketika Anda terjatuh dari ketinggian. Meskipun Anda sudah dibekali dengan alat pengaman lainnya seperti belay device, namun untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya jika Anda menyediakan crash pad sebagai upaya perlindungan diri yang lebih maksimal.

Meskipun seru dan mendebarkan, namun panjat tebing termasuk ke dalam jenis olahraga yang ekstrim. Bagaimanapun, kegiatan ini memiliki resiko keselamatan yang cukup tinggi dan dapat menimbulkan cedera atau patah tulang jika tidak didukung dengan peralatan yang tepat. Oleh sebab itu, saat Anda berencana untuk melakukan panjat tebing, pastikan Anda sudah dilengkapi dengan peralatan keselamatan yang dianjurkan demi mencegah terjadinya bahaya yang dapat mengancam jiwa.